get app
inews
Aa Read Next : Potret Ojek Perahu di Kali Elon Pemalang

Ini Dia! Yuk Intip Keindahan Batik Khas Jebed Pemalang

Jum'at, 18 November 2022 | 13:17 WIB
header img
Batik Jebed khas Pemalang / Foto : Youtube

Pemalang, iNews.id - Batik merupakan pakaian khas Bangsa Indonesia yang mengandung berbagai macam makna dan filosofi di dalamnya. Seperti yang sudah diketahui, batik biasanya menjadi sebuah 'tentengan' oleh wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia.

Berbagai ragam batik di Indonesia mempunyai ciri khasnya masing - masing, mulai dari batik solo, batik pekalongan, dan lain lain. Namun, siapa sangka dibalik kepopuleran batik - batik tersebut, Pemalang juga ikut serta mengisi jajaran batik Indonesa dengan ciri khas yang unik dan tak kalah cantik.

Hal ini diungkapkan oleh salah seorang pengrajin batik bernama Slamet. Ia merupakan seorang warga Dukuh Batan, Desa Jebed Utara, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang. Seorang RT tersebut menjelaskan bahwa Kabupaten Pemalang juga mempunyai batik khasnya sendiri yaitu Batik Sekar Manggar asli Jebed Utara.

Slamet menjelaskan bahwa nama Sekar Manggar diambil dari kata 'Sekar' yang berarti 'bunga' dan 'Manggar' yang berarti 'kelapa'. Nama ini diperoleh karena terinspirasi dari pohon kelapa dimana semua bagiannya dari mulai akar, batang, buah maupun daunnya dapat dimanfaatkan.

"Mane wong kuno kan njukot kembang kelopo karena opo, yo karena dari oyot, batang, terus buahe, lan daune kanggo kabeh mulane deweke njukut paten manggar," jelas Slamet.

Editor : Sandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut