get app
inews
Aa Read Next : Potret Ojek Perahu di Kali Elon Pemalang

Orang Ngapak Ora Kepenak! Asal-usul Bahasa Ngapak Orang Pemalang

Sabtu, 26 November 2022 | 11:17 WIB
header img
Asal usul Bahasa Ngapak / Foto : Instagram

Diketahui, selain karena wilayah geografis perbedaan kedua bahasa ini juga dipengaruhi oleh kondisi politik kerajaan. Dimana Kerajaan Mataram yang berhasil menundukkan Kerajaan Galuh Purba kemudian membuat kebijakan mengenai kedisiplinan dalam bertutur kata.

Dari kebijakan tersebut, muncullah tiga tingkatan bahasa seperti “kromo alus”, “kromo lugu”, dan “ngoko”. Sehingga wilayah terdekat dengan pusat pemerintahan Mataram otomatis mengalami perubahan dalam berbahasa.

Sementara itu, wilayah Jawa Tengah bagian barat yang letaknya jauh dari pusat pemerintahan tidak begitu terpengaruh oleh aturan tingkatan bahasa. Hal ini lah yang menyebabkan Bahasa Ngapak disebut sebagai bahasa murni orang jawa atau yang disebut dengan Jawadwipa.

Heru Satoto selaku pengamat budaya juga menambahkan bahwa bahasa yang digunakan dalam dialek Mbandhek merupakan bahasa baku yang telah mengalami lima tahap perubahan perkembangan sejarah. Sedangkan Bahasa Ngapak adalah bahasa yang tidak terdampak pengaruh politik, alias Bahasa Jawa asli.

Editor : Lazarus Sandya Wella

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut