get app
inews
Aa Read Next : Penjaringan Perangkat Desa Kebanggan Kecamatan Moga Dimulai, Ada 3 Posisi Kosong, Buruan Daftar!

Dana Desa 2024 Sudah Cair, Masyarakat Berhak Mengawasi dan Melaporkan Jika Ada Dugaan Korupsi

Senin, 08 April 2024 | 05:16 WIB
header img
Dana desa 2024 sudah cair, masyarakat berhak mengawasi pelaksanaan dana desa untuk pembangunan desa. Jika ada tindak dugaan korupsi, masyarakat dapat melaporkan. (Istimewa)

PEMALANG, iNewsPemalang.id - Dana desa adalah dana yang bersumber dari APBN yang diperuntukkan bagi desa untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat. 

Dana desa dikucurkan pemerintah pertama kalinya pada tahun 2015. Awalnya dana desa ditransfer melalui rekening pemerintah daerah. Namun, sejak tahun 2020 dana desa ditransfer langsung ke rekening kas desa (RKD).

Tahun ini Pemerintah menyiapkan dana desa sebesar Rp 71 triliun. Total anggaran tersebut difokuskan untuk program prioritas pembangunan desa

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengatakan, dana desa dikucurkan kepada desa agar terjadi peningkatan taraf kehidupan di desa. Karena itu, seluruh dana desa wajib dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Terutama manfaat yang langsung, khususnya kepada masyarakat di level kelas terbawah,” ungkapnya dalam keterangannya, dikutip Senin (8/4/2024).

Salah satu manfaat dana desa yang bisa dirasakan oleh masyarakat, yaitu pembangunan infrastruktur desa. Karena itu kualitas pembangunannya harus baik sesuai anggarannya.

Pelaksanaan pembangunan desa dengan dana desa harus menghasilkan dampak nyata, terutama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah pedesaan.

Editor : Aryanto

Follow Berita iNews Pemalang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut